Jumat, 13 Agustus 2010

Wisata ke Kawah Putih, Ciwidey, Bandung Selatan



 

Sabtu, 9 Mei 2009

Lagi-lagi, gara-gara surfing di internet, aku jadi penasaran akan keindahan sebuah kawasan di Bandung Selatan yaitu Ciwidey yang terkenal akan kawah putihnya, waktu itu kalo melihat gambar-gambar dari hasil browsing sih tampaknya kawah itu  indah banget maka jadilah  keinginan untuk ke sana menggebu-gebu!

 Setelah memantapkan rencana, booking hotel dan mencari data lokasi sebanyak mungkin, akhirnya…Sabtu yang kebetulan tanggal merah jadi momen yang paling dinanti-nanti.(maklum kalo Sabtu tuh seringnya masuk kerja)

Untuk menghindari macet kami berangkat jam 5 pagi dari Bekasi ke arah Bandung melalui tol Pasteur, saat itu sih lalin lancar jadi setelah keluar tol Kopo kami mengikuti petunjuk arah ke Ciwidey dan bim salabim jam 7.30 sudah sampai di soreang,Ciwidey.

Rencana semula pengen menginap di Kampung Pago tapi rupanya booking 1 minggu sebelumnya pun sudah tidak kebagian kamar, full!!! Tapi ada untungnya juga sih karena lokasi Kampung Pago ternyata masih dibawah gunung jadi udaranya belum dingin.

Akhirnya kita coba booking Hotel Sindang Reret, untungnya masih dapat kamar. Jadi begitu sampai Ciwidey langsung cari Sindang Reret, ternyata hotelnya bagus juga kok, yang pasti sih bersih dan pelayanannya bagus. Memang sih kalau dilihat dari segi fisik bangunan tampilannya kuno tidak menarik tapi percaya deh gak nyesel kok menginap disitu.

Pertama factor bersih dan nyaman (versi kita sih), pelayanan ramah & responnya cepet.

Setelah hilang penat kami melanjutkan perjalanan ke Kawah Putih….let's go…. (perasaan saat itu sih kayak anak kecil yg pake baju baru lengkap dengan bekal permen setoples diajak piknik…seneng n penasaran dueh hehehe)

Dari Hotel Sindang Reret kami kemudian melanjutkan perjalanan menanjak ke arah gunung, jalannya kecil dan berliku-liku tapi padat kendaraan karena 2 arah dan yang pasti makin ke atas makin sejuk dan dingin…brrrr…..

Cuaca yg gerimis ditambah lagi udara berkabut,lengkap dg pemandangan kanan kiri pohon besar yang lebat rasanya kok jadi dingin dan mistik. Selama perjalanan menuju kawah kita tidak menyalakan AC mobil  malah sesekali mengeluarkan tangan ke luar jendela mobil wuiiiihhh… dingin banget seperti memasukkan tangan ke dalam freezer.

 Ternyata bis besar hanya sampai di gerbang kawah putih, tidak dapat masuk kawasan karena jalanan kecil dan berliku-liku, kalau papasan mobil 2 arah saja rasanya udah was-was karena kanan kiri jurang…hiiii!!!! Jadinya kekhawatiran berpapasan dengan bis punah sudah!

Yang mengherankan karcis masuk wisata murah lho cuman 8000 perorang…emang sih tempat wisata ini gak dipoles macam2 alias gak ada fasilitas penunjang kecuali toilet yang minim sedangkan antriannya puanjaaaang….:P.

Tapi rupanya kekurangan tersebut mudah dimaafkan  krn keindahan kawah putih yang bisa membuat kita terkagum-kagum.Hanya kalo mengingat tabiat buruk masyarakat kita yang doyan nyampah rasanya gak yakin kalo keindahan wisata ini bisa bertahan! (btw…belakangan kata temanku tarifnya udah naik dan mahal sekali tapi jalanan sudah bagus dan sudah tidak ada warung kaki lima lagi di dekat kawah)

Saran sih kalo ke kawah ini harus bawa jaket karena dinginnnn rek! Jadi jangan coba-coba pake tank top deh bisa dressed to kill!                                         

 Untuk mencapai lokasi kawah harus berjalan kaki tapi tidak jauh kok jaraknya dari parkiran cuman agak menanjak karena melewati beberapa tangga mungkin karena udara yang dingin dan alamnya yang masih tampak alami, perjalanan kecil tersebut  tidak terasa melelahkan.

 Apalagi kalau sudah melihat dari kejauhan pemandangan laksana danau berwarna hijau kebiru biruan dengan gugusan tebing menjulang disekitarnya… wuaaaahhhh buagussss bangeeeetttt…..sumpah!

Sudah bisa ditebaklah apa yang kita lakukan begitu sampai disana, yang pasti sih bukan meditasi kayak di film laga misteri Mak Lampir walau situasinya mendukung krn sekarang sudah jamannya Vampire centil (serasa di kota Forksnya Twililight) yang pede beraksi di berbagai sudut tanpa malu-malu(banyak temennya sih)...pokoke narsisme abis!

Bau belerang kadang2 menyengat sekali makanya tidak betah juga lama2 disitu apalagi jadwal tour masih panjang(hehehe)…rencana sih lanjut ke Situ Patengan dan Pemandian air panas….makanya kira kira 2 jam cukuplah di Kawah Putih. Sempat  juga beli bantal strawberry & syall  buat kenang2an, tak lupa foto-foto juga dong! (biarin norak..)

Rencana berikutnya ke situpatengan. Well segini dulu ya ceritanya….


Tidak ada komentar: